Selasa, 20 Januari 2009

PERTANIAN KREATIF

Tahun 2009 dicanangkan sebagai Tahun Indonesia Kreatif. Pada tahun ini akan dikembangkan ekonomi kratif, khususnya industry kreatif.
Industri kreatif adalah Industri-industri yang mengandalkan kreatifitas individu, keterampilan serta talenta yang memiliki kemampuan meningkatkan taraf hidup dan penciptaan tenaga kerja melalui penciptaan (gagasan) dan eksploitasi HKI. (Diambil dari definisi UK Department of Culture, Media and Sport, 1999).
Industry diterjemahkan kedalam bahasa indonesia, bisa menjadi industri seperti industri mobil, industri mainan, atau industry diretjemahkan menjadi usaha, atau bisnis, seperti pada istilah industri parawisata, industri keuangan (perbangkan, asuransi dll), industri pelayaran (jasa pelayaran) atau industri jasa.
Yang masuk dalam industri kreatif itu ada yang menaytakan 12, 14 atau lima belas. Yang versi empat belas seperti berikut:
1. periklanan,
2. arsitektur,
3. pasar seni dan barang antik,
4. kerajinan,
5. desain ,
6. fesyen ,
7. video, film dan fotografi,
8. permainan interaktif,
9. musik,
10. seni pertunjukan,
11. penerbitan dan percetakan,
12. layanan komputer dan piranti lunak,
13. televisi dan radio,
14. riset dan pengembangan.

Apa yang paling tepat digunakan istilah
1. Ekonomi kreatif
2. Industri kreatif
3. Ekonomi/industri kreatif.
4. Usaha kreatif.

Indonesia adalah negara agraris, yang saat ini petani tidak mendapatkan nilai tambah yang tinggi, karena unsur kreatifitas belum banyak dimasukan ke bidang pertanian.
Banyak negara agrasis maupu non agraris mendapat nilai tambah dari pertanian kratif yang berdasarkan budaya lokal, jepang dengan bonsainya, Belanda dengan keanekaan ragaman bunga tulipnya, Thailad, Singapura dengan anggrek silangnya, Amerika menghasilkan semangka berbentuk kubus. Petani atau penjual kembang mengokulasi berbagai kembang bougenvile dalam satu batang, pohon buah kate, yang bisa berbuah dalam pot yang tidak terlalu besar. Petani didesa melakukan persilangan tanaman, mengokulasi berbagai jenis, apakah ini termasuk pertanian kreatif karena ada unsusr kreativitasnya. Kalau merujuk, pada kelompok diatas, bisa saja masuk riset dan pengembangan, tetapi bisa juga tidak karena kreativitas dan keterampilam pelaku.
Pangan, bisa dikatakan produk pertanian, diolah menjadi produk, seorang ahli kuliner atau koki jempolan dengan kraestivitas, menghasilakan suatu masakan yang unik, enak dan hargannya bisa lima puluh kali lipat dari bahan bakunya, apakah ini termasuk pertanian kreatif, atau karena dijual direstoran terkenal karena branding atau periklanan, dikategorikan menjadi industri kreatif, apa memang begitu.
Bagaimana pula peternakan ikan hias, mengawinkan berbagai subspesies dalam satu spesies, menghasilakan subspesies baru yang unik, oh itu termasuk riset dan pengembangan. Saya tidak tahu, saya mengaharapkan komentar anda semua apa ada yang dikatakan pertanian kreatif, kalau apa saja yang dikelompokan pertanian kreatif, saya menunggu respon anda, berdasarkan repon anda semua bisa terumuskan apa yang dikatakan pertanian kreatif atau memang tidak ada yang disebut dengan pertanian kreatif. Saya mengharapkan partisipasi anda. Dan terima kasih. [Dasril Daniel, Jambi 200109]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar